Andry Alamsyah Blog

Akhir dari Umat Manusia, Awal dari Robot #Automata

Eksistensi umat manusia hanya ada dalam satu rentang waktu terbatas di bumi, keberadaan manusia di bumi baru sekitar 200.000 tahun, bayangkan dengan usia bumi yang sudah mencapai 5 milyar tahun, skalanya manusia itu baru muncul beberapa menit yang lalu sementara skala umur bumi adalah satu tahun. Pada saat ekosistem bumi sudah tidak mendukung kehidupan manusia, maka manusiapun akan punah.  Dan pada saat itu sesuatu yang lain akan mengambil alih, dalam hal ini adalah robot, Itu adalah pesan penutup dari film “Automata (2014)”. Terus terang film ini memang kurang greget eksekusinya, tapi seperti biasa saya sangat suka dengan film yang meninggalkan pertanyaan di akhir cerita.

Pada tahun 2044, perubahan aktivitas matahari mengakibatkan kadar radioaktif di bumi meningkat sampai pada level memusnahkan banyak mahkluk hidup termasuk manusia. Jumlah manusia tinggal dalam hitungan jutaan dan hidup dalam kondisi alam yang sulit. Robot diciptakan untuk membantu manusia dalam banyak hal termasuk membangun perlindungan dari kerasnya alam. Salah satu protokol utama dari robot itu adalah robot tidak boleh merubah dirinya sendiri. Automata di wikipedia artinya adalah self-operating machine, artinya robot yang bisa memperbaiki diri sendiri, menyembukan diri sendiri, untuk itu robot perlu self awareness untuk memahami eksistensi dirinya.

Saya tidak akan mengomentari tentang film ini, tapi ada beberapa pertanyaan yang tersisa setelah menonton film ini. Mungkinkah robot mempunyai self awareness ?, mungkinkah automata terjadi dengan level intelejensi yang cukup untuk mengembangkan kaumnya ?. Terlihat dalam film ini umat manusia sangat rapuh, dan bukan tidak mungkin akan musnah dalam waktu singkat untuk skala usia bumi.

selamat menonton !!

automata_movie_4 (1)

Leave a Reply

%d bloggers like this: