Andry Alamsyah Blog

Go Leicester !!

Ini adalah entry pertama saya tentang sepakbola, saya tulis karena musim ini terjadi suatu kejutan luar biasa di Liga Sepakbola Inggris (EPL) yang melibatkan tim Leicester City dari kota Leicester. Saya pernah tinggal di kota Leicester pada kurun waktu tahun 2004-2005, saya melihat sendiri bagaimana antusiasme penduduk kota Leicester dalam mendukung tim kesayangannya, walaupun pada saat itu tim Leicester City masih melempem. Sehabis menonton pertandingan malam ini antara Leicester City yang dijamu oleh Manchester United yang berakhir 1-1, saya langsung ingin menuliskan excitement saya dalam tulisan blog ini. Leicester City saat ini masih memimpin klasemen liga dengan nilai 76 dengan menyisakan hanya 3 pertandingan sisa, sementara rival terdekatnya yaitu Totenham memperoleh nilai 69 dengan sama sama menyisakan tiga pertandingan. Secara matematis peluang Leicester City menjadi juara EPL sangat besar dengan selisih angka yang jauh.

Musim ini merupakan kejutan luar biasa bagi EPL (dan Leicester tentunya). Selama saya mengamati sepakbola Inggris sejak tahun 90an, tidak pernah ada tim diluar tim besar yang menjadi juara EPL, ada pengecualian sedikit pada tahun 1994-1995 dimana Blackburn Rovers mematahkan hegemoni Manchester United, tapi pada saat itu setahun sebelumnya Blackburn Rovers sudah merupakan tim yang kuat dengan duet striker Alan Shearer dan Chris Sutton. Leicester City sangat jauh berbeda, tahun lalu mereka masih bertarung supaya tidak terdegradasi, tapi tahun ini tiba tiba sudah hampir juara. Saya dan jutaan penggemar EPL seakan tidak percaya, dan ini mungkin sejarah yang akan sulit terulang di masa depan. Dan sejak tahun 1994 juara EPL berkutat antara Manchester United, Manchester City, Chelsea, Liverpool dan Arsenal. Sungguh membosankan. Tim lain cuma mampu memberikan kejutan kejutan kecil seperti Everton 2 tahun lalu dan Swansea di tahun sebelumnya.

Secara natural saya adalah penggemar Arsenal, dan menjadi pendukung Arsenal sejak masa pertama kali di tanggani Arsene Wenger, terutama pada saat mereka juara liga di musim 2003-2004. Pada saat itu saya kagum dengan legiun Prancis Arsenal seperti Henry, Pires, Petit, Vieira, dll. Saya sudah mendukung Prancis sejak mereka Juara Dunia 1998 dan Juara Piala Eropa 2000, kebetulan waktu itu saya tinggal di Prancis, jadi wajar saya jadi pendukung mereka. Pada saat pindah ke Leicester, maka otomatis tim yang saya dukung adalah Arsenal. Akhir akhir ini Arsenal prestasinya kurang mengkilap sehingga saya tidak begitu mengikuti berita berita EPL lagi, sampai akhirnya tahun ini saya mulai menonton EPL lagi karena ada fenomena Leicester.

Jelas kebangkitan Leicester City meningkatkan gairah saya menonton EPl, dan jutaan penggemar EPL lainnya (terutama fans klub klub kecil), yang sudah cukup bosan melihat juara dari tim tim besar (dan kaya). Kapitalisme di sepakbola membuat sepakbola menjadi membosankan. Semoga Leicester menjadi juara dalam beberapa minggu ke depan, dan meningkatkan kembali gairah menonton EPL saya dan jutaan penggemar EPL lainnya. 

88165911 leicester

Leave a Reply

%d bloggers like this: