Andry Alamsyah Blog

ketika orang manajemen belajar ngoding ..

ketika orang manajemen belajar ngoding .. (Insight dari acara workshop “Big Data for Business”)

WP_20141024_14_47_20_Pro

Hari ini FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom bekerjasama dengan Solusi247 mengadakan workshop ‘Big Data for Business’ untuk dosen dan mahasiswa FEB. Sekitar 50-60 dosen dan mahasiswa antusias mengikuti acara seharian penuh ini. Acara ini diawali dengan sesi pertama kuliah umum dari Pak Beno (CEO Solusi247) mengenai Awareness Big Data, Implementasi Big Data di berbagai bidang dan Implikasinya untuk bisnis terutama untuk bisnis masa depan. Remarks yang penting dari beliau adalah “Data is The New Oil”, “Open Data” dan n profesi Data Scientist yang   sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan besar. Oh yah, Solusi247 juga membagi pengalamannya dalam melakukan proses analisa Big Data pada Telkomsel.

Acara sesi kedua adalah workshop Big Data yang dibawakan oleh tim solusi247 yaitu mas Rully dkk, dimana beliau memperkenalkan alat produksi mereka sendiri yang dinamakan HGrid247. Alat ini berfungsi untuk mengenerate code supaya perintah perintah analisa data yang akan dijalankan diatas platform Big Data (Hadoop) bisa dilakukan secara intuitif dan otomatis. Pada sesi ini para peserta dengan menggunakan laptop masing masing melakukan pekerjaan pekerjaan dengan urutan : instalasi dan konfigurasi java, instalasi cygwin (utk yg memakai OS windows), instalasi dan konfigurasi Hadoop, dan yang terakhir menjalankan dan mendesain analisa data  menggunakan HGrid247.

Langkah langkah diatas sepertinya mudah dilakukan untuk orang dengan latar belakang IT yang cukup, akan tetapi untuk mayoritas peserta workshop kali ini yang tidak begitu kuat di IT sehingga cukup merepotkan dan instruktur perlu menjelaskan secara perlahan lahan. Ada yang frustasi baru pada langkah konfigurasi java, ada yang stress kenapa alat untuk memproses Big Data itu susah sekali (padahal baru setting javanya doang), ada yang salah konfigurasi walaupun langkah langkah di dokumentasinya cukup jelas (tapi mungkin instrukturnya menjelaskan terlalu cepat), dan ada yang mendapatkan pesan “compile error” yang cukup membuat mereka panik. Hal hal tersebut sepertinya sepele buat yang sudah berpengalaman di programming. Saya pribadi salut dengan kesabaran mas Rully dkk dalam menjelaskan hal yang berbau teknik menjadi bahasa sederhana yang bisa dipahami dengan mudah oleh temen temen manajemen.

Beberapa insight yang bisa saya ambil dari workshop ini adalah ternyata Big Data Awareness belum cukup kuat, ini terbukti dari munculnya pertanyaan pertanyaan seperti : bukankah analisa data seperti klasifikasi, filtering, asosiasi, klastering sudah umum digunakan saat ini?, apa bedanya pemrosesan Big Data dengan pemrosesan query database biasa ?, dll. Secara umum saya simpulkan bahwa peserta tidak bisa membayangkan bahwa data ukuran besar (skala data) itu menjadi sumber masalah besar, apalagi jika manajemen perusahaan membutuhkan insight yang cepat, murah dan Real Time , untuk itu workshop semacam ini bisa melatih peserta untuk bisa membayangkan problem yang dihadapi dalam pemrosesan Big Data.

PS : sebenernya di workshop ini, kita tidak sepenuhnya ngoding tapi lebih membuat framework yang tentu saja membutuhkan logika yang sama dengan logika ngoding ..

WP_20141024_09_28_53_ProWP_20141024_10_02_21_ProWP_20141024_14_35_05_Pro

5 thoughts on “ketika orang manajemen belajar ngoding ..

  1. Pingback: Mahasiswa Bisnis Juara Bikin Apps (Pentingnya Ngoding) - Andry Alamsyah Blog

Leave a Reply

%d bloggers like this: