manajemen, modelling dan coding


Ilmu manajemen secara tradisional dikategorikan sebagai ilmu sosial, dimana dalam pelaksanaannya akan berusaha memperlakukan aspek sosial secara kualitatif dan mengklasifikasikan ke dalam blok blok langkah, jenis permasalahan atau yang lainnya. Sebagai contoh proses brand awarenes dalam manajemen pemasaran membagi langkah awareness product menjadi unaware of the brand, brand recognition, brand recall dan top of mind. Klasifikasi seperti diatas bisa kita  lihat sebagai suatu hal yang terlalu sederhana untuk memahami kompleksitas dunia nyata. Menurut pengamatan saya manajemen berusaha menyederhanakan masalah kompleks dalam klasifikasi sederhana, tetapi tidak pernah memasukkan unsur kompleksitas tersebut ke dalam klasifikasi atau model yang dibuat.

Seiring berkembangnya keilmuan komputasi perilaku sosial seperti social computing, socio informatics, dan lain lain, maka permodelan perilaku dinamis dan kompleks sudah umum dilakukan. Teori antrian, game theory, simulasi monte carlo (markov chain) adalah contoh contoh permodelan masalah ketidakpastian. Maka saat ini manajemen juga sangat perlu belajar pemahaman masalah seperti yang terjadi di dunia nyata dalam hal model kompleksitas dan ketidak pastian. Belajar manajemen sebaiknya juga diperkenalkan dengan Matlab untuk simulasi bisnis atau R untuk coding pembuatan model dari data. Oh ya baca juga entry blog saya terdahulu tentang perlunya code literacy dan ketika orang manajemen belajar ngoding

Untitled-1


2 responses to “manajemen, modelling dan coding”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *