Andry Alamsyah Blog

Quora : Media Sosial Q&A

Pada saat browsing di blog mengenai topik data science, salah satu peneliti menjelaskan secara detail mengenai data science dalam format tanya jawab (FAQ / Q&A) di situs Quora. Menjelaskan suatu keilmuan, masalah, fenomena, cerita, dokumentasi dan lain lainnya ternyata lebih enak dalam bentuk tanya jawab, karena sifatnya natural individu memulai suatu keingintahuan mengenai suatu bidang dengan pertanyaan atau sering kita kenal sebagai Frequently Asked Questions (FAQ). Dengan banyak pertanyaan yang diajukan dan dijawab oleh member member lain (crowdsource) maka sebagian besar pertanyaan yang diajukan bisa dijawab, tentu saja jawaban tidak tunggal tergantung konteks dan pengalaman member, kita bisa memilih jawaban yang paling kita suka dengan mekanisme voting.

Dari sini saya mulai browse situs Quora tersebut, dan ternyata saya menemukan banyak hal menarik, terutama yang berkaitan dengan hobi dan passion saya di bidang social network, data science, movie, music, bisnis, teknologi, filsafat dan lain lainnya. Dengan semakin ramai member yang terlibat maka semakin kaya juga informasi yang tersedia. Setahu saya beberapa situs akademik sudah implementasi mekanisme Q&A seperi Quora contohnya adalah Researchgate, akan tetapi keragaman topik di Quora dan tidak hanya topik akademik menjadi daya tarik sendiri. Mungkin inii waktunya bagi kita untuk membaca informasi tidak dalam bentuk konvensional seperti narasi tetapi dalam bentuk Q&A.

Terus terang saya sudah cukup lama melihat sepintas Quora, akan tetapi tidak pernah benar benar menghabiskan waktu untuk eksplorasi. Ternyata Quora ini sudah berdiri sejak 2011, tapi baru akhir akhir ini perkembangan penggunanya melesat cepat. Sejarah Quora, modal investasi dan operasinya bisa dilihat di halaman wikipedia Quora ini. Mungkin saat ini adalah waktu yang tepat untuk melihat lihat Quora karena konten Q&A sudah cukup banyak dan bervariasi, dibandingkan pada saat saya mampir di tahun tahun sebelumnya.

Oh ya apps Quora tersedia di Android dan IOS, mangga silahkan dieksplore ..

 

Unnamed

tampilan Quora di Android

Leave a Reply

%d bloggers like this: