Andry Alamsyah Blog

Melihat Jenis Pertemanan yang Kuat di Jejaring Sosial Facebook

Saya punya hipotesa kalo pertemanan di media sosial terbentuk karena adanya sifat ‘homophilly’, yaitu pertemanan terjadi karena kesamaan minat atau hobi. Dari sekian banyak hobi belum tentu terbentuk jejaring sosial yang hubungannya kuat atau sering disebut komunitas. Hobi di media sosial bisa terbentuk karena ada kesamaan minat pada konten yang di sharing, misal ada yang hobi sharing video, musik, photo, meme, gosip sampai debat politik dan lain sebagainya. Pertanyaannya adalah pertemanan seperti apa yang bisa membentuk jejaring sosial yang erat dan kuat.

Untuk menjawab pertanyaan diatas, saya melakukan eksperimen kecil terhadap jejaring sosial facebook saya. Sedikit info tentang profile facebook saya adalah: saya mempunyai jaringan yang cukup besar yaitu 4749 teman, dan saya cukup aktif sharing dan berdiskusi tentang berbagai macam isu serius maupun ga serius. Pertemanan saya pun bermacam macam mulai dari temen SD sampai dengan teman kuliah, temen kantor lama sampai  temen kantor baru dan temen satu hobi di klub motor, mobil, fotografi, musik dan lain lainnya.

Hasil ‘mining’ data yang saya peroleh, dari top 100 teman teman yang mutual friendsnya paling banyak ternyata didominasi oleh teman teman sehobi di fotografi. Dari top 20 mutual friend ternyata yang diluar teman fotografi hanyalah akun facebook istri saya yang ada di nomer 14. Jadi bisa dibayangkan jumlah mutual friends saya dan istri masih kalah dengan mutual friends sesama hobi fotografi. Hal ini menunjukkan jejaring sosial hobi fotografi sangat erat dan kuat, pertemanan bisa mudah terjadi diantara anggotanya.

Kalo kita teliti lebih lanjut, share berita, musik, video yang menarik rata rata bersifat meneruskan (diseminasi) informasi saja dan tidak perlu membentuk pertemanan diantara yang share konten dan yang menyebarkannya. Hal ini berbeda dengan jejaring fotografi, rata rata pertemanan terjadi karena ada keinginan untuk kurasi suatu foto bersama sama, berdiskusi lokasi foto, berdiskusi alat foto, berdiskusi teknik foto sampai kontak model dan perijinan tempat. Hal ini juga menyimpulkan bahwa sharing karya foto di komunitas fotografi lebih mendorong terjadinya pertemanan dibandingkan share hal lain seperti gosip, politik, menghujat, dan lain sebagainya.

kalo di jaringan pertemanan anda, manakah komunitas yang paling kuat pertemanannya ? ..

ego_edited_crop

gambar ego network pertemanan facebook (top-100 mutual friends), kalo anda temen saya pasti anda setuju gambar diatas didominasi oleh teman temen hobi fotografi 

gambartabel

tabel top 20 mutual friends, dari daftar diatas semuanya adalah rekan rekan hobi fotografi kecuali istri saya yang ada di nomer 14

Leave a Reply

%d bloggers like this: