Andry Alamsyah Blog

Model Bisnis Industri Musik Indonesia (Publikasi Jurnal)

Penelitian tentang model bisnis memang bukan area keahlian saya, apalagi mengenai industri musik, akan tetapi melihat kondisi industri musik Indonesia saat ini ada beberapa isu yang cukup mengusik perhatian saya. Isu yang paling umum dibicarakan adalah masalah pembajakan lagu. Sebenarnya jika kita memahami keseluruhan model bisnis industri musik dan mengunakan kreativitas kita untuk monetisasi musik, maka seruan akan pembajakan lagu tidak akan terlalu digaungkan, dan bahkan mungkin dibiarkan saja.

Ketika ada salah satu mahasiswa (Ilham) menawarkan untuk melakukan penelitian model bisnis di industri musik indonesia sebagai tugas akhirnya, maka saya sangat tertarik, apalagi mengetahui kalau Ilham ini ternyata juga praktisi di industri musik. Terus terang kesempatan ini juga menjadi ajang pembelajaran buat saya dalam melakukan penelitian berbasis kualitatif (interview). 

Pada pelaksanaannya, pemetaan model bisnis industri musik berdasarkan model bisnis kanvas ternyata bukan masalah yang mudah, terutama pada saat penentuan ruang lingkup (jenis aliran musik yang diteliti), pengumpulan data (interview), dan manfaat praktisnya (karena biasanya di sidang skripsi penguji akan menanyakan manfaat praktisnya). Pada akhirnya toh penelitan bisa diselesaikan dengan beberapa kesimpulan dan rekomendasi untuk industri musik indonesia.

Penelitian ini juga dipublish pada Jurnal Manajemen Indonesia (JMI) dengan link sebagai berikut  : 

http://ijm.telkomuniversity.ac.id/wp-content/uploads/2015/06/artikel-4-Vol.-14.-No.-2-Agustus-2014.pdf

IlhamIJM

Leave a Reply

%d bloggers like this: