Andry Alamsyah Blog

Model Chaos dan Complex untuk Pengukuran Ekonomi Indonesia

Kami dari lab. Social Computing dan Big Data pada acara sharing knowledge minggu ke 2 mengundang Ibu Tisa (Siti Saadah) dari Fakultas Ilmu Informatika untuk memaparkan penelitian beliau dengan tema besar mengukur kondisi perekonomian makro Indonesia. Pendekatan yang dilakukan bu Tisa sangat unik, karena tidak menggunakan teori ekonomi makro konvensional, akan tetapi menggunakan pendekatan permodelan artificial intelligence (AI).

Model yang diusulkan berdasarkan perilaku chaos dan complex variabel variabel indikator ekonomi makro. Chaos dimodelkan dengan persamaan differensial dinamis. Proses pembelajaran model menggunakan metode Genetic Algorithm dengan menggunakan proporsi perkawinan silang dan mutasi variabel yang berbeda beda secara berulang ulang.

Usulan penggunaan metode ilmu komputer untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi, tentu tidak dengan mudah diterima oleh para ahli ekonomi. Perlu waktu untuk menyakinkan pendekatan seperti ini. Saya yakin cara seperti ini akan menjadi standard di masa depan. Industri fintech (financial technology) adalah salah satu contoh industri yang bisa mendorong pendekatan pendekatan seperti diatas untuk diadopsi sistem ekonomi.

potongan video dari facebook live 

Leave a Reply

%d bloggers like this: