Andry Alamsyah Blog

Pengalaman Tidak Menyenangkan dengan Pengoperasian GTO Jalan Tol

GTO (Gerbang Tol Otomatis) dioperasikan di jalan jalan tol disekitar Jabodetabek dan Bandung oleh Jasa Marga dengan tujuan mempercepat antrian kendaraan keluar dan masuk jalan tol. Sudah sering kita lihat pengguna jalan tol yang ingin membayar cash salah masuk ke GTO sehingga menyebabkan antrian bertambah ruwet, karena dia harus mundur lagi dan merepotkan yang antri di belakangnya. Saya tidak akan membahas hal ini, karena saya yakin semakin lama pengguna jalan tol akan bisa membedakan mana gerbang GTO dan bukan. Saya menuliskan pengalaman saya yang lain yang cukup membuat “dongkol” .. 

Istri saya memperoleh kartu e-money yang bisa digunakan untuk pembayaran otomatis GTO sejak tanggal 11 Juli 2015. Kami menggunakan  secara rutin kartu tersebut di GTO GTO sekitar Jakarta, Bogor dan Bandung dengan lancar.

Sampai pada tanggal 19 Juli 2015 kami menggunakan kartu tersebut dari gerbang utama cikarang menuju padalarang untuk pulang kembali ke Bandung. Sesampai di GTO padalarang yang jumlahnya cuman 1 buah, kamipun mengantri.  Di depan dan belakang kami cukup banyak antrian mobil yang ingin menggunakan jalur GTO. Sesampai di depan GTO reader, ternyata kartu kami tidak bisa digunakan, disana tertulis “Tidak Ada Data” di layarnya, wahhh.. ini mengagetkan saya, seingat saya di gerbang cikarang pintu sudah terbuka dan mobil saya sudah bisa lewat dengan menempelkan kartu emoney tersebut.

Mobil di belakang sudah mulai ga sabar, dan klakson sana sini, yang bikin suasana panas ternyata pertugas yang bertugas di gerbang tersebut (cewek) cukup membuat emosi dengan menyalahkan kami karena kartu kami tidak ada datanya …. busyett saya bilang (dalam hati), ini yang salah sistem tapi yang disalahkan malah pengguna. Akhirnya mau ga mau sayapun mulai panas juga. Si petugas menyuruh mobil kami mundur, padahal di belakang kami ada sekitar 10 lebih mobil di jalur antrian, nah ini makin membuat saya naik pitam, karena salah sistem membuat semua orang dalam antrian jadi “korban”. 

Selama kurang lebih 10 menit akhirnya, antrian mobil di belakang kami berhasil dibubarkan, saya merasakan ke”gondok”an mereka yang antri dibelakang, jadi sayapun protes ke petugas lainnya (bukan yang cewek), yang akhirnya dengan sabar menjelaskan, bahwa saya harus jalan kalau sudah ada layar yang menunjukkan saldo saya berapa atau lampu merah berubah jadi hijau, tapi yang tidak kami mengerti kenapa portal sudah terbuka, harusnya algortima / mekanismenya dibuat sedemikian sehingga portal baru terbuka sesudah kartu beres dibaca oleh readernya … well sepertinya Jasa Marga lebih mudah menyalahkan pengguna daripada memperbaiki sistem yah . Akhirnya kamipun pindah ke gerbang tol manual dan membayar dengan cash, sambil terpaksa juga “merusak” antrian yang sudah ada di gerbang tol tersebut. 

Kasus ini diceritakan istri saya ke milist temen SMA nya, dan ternyata ada paling tidak 3 kasus seperti yang kami alami. Salah satunya solusinya malah membuka portal GTO tersebut dan dia membayar cash di depan (minggir), ini solusi yang bagus karena tidak merugikan pengguna jalan tol yang lain. Dalam kasus GTO padalarang ini sungguh sangat disayangkan dengan menyuruh mobil saya mundur dan merugikan banyak mobil mobil lain yang antri. Kami  tidak mengerti bagaimana etos pelayanan pelanggan dari Jasa Marga .. oh well !!!

Sebenarnya kalo mau mengurangi antrian gerbang tol, sebagai contoh Jasa Marga bisa implementasi sistem kartu / sensor yang dipasang di kaca depan mobil, dan otomatis dibaca oleh reader di gerbang tol, tanpa perlu mobil berhenti, mobil hanya perlu berjalan dengan kecepatan di bawah 60 km/jam, sistem ini dipakai pada waktu saya tinggal di Norwegia  tahun 2005. Saya rasa masih banyak solusi solusi smart lain daripada sistem GTO yang diimplementasikan sekarang. Teknologi yang usianya 15-20 tahun pun kalo dipakai secara tepat bisa mengurangi antrian dengan signifikan, dan perlu kebijaksanaan yang tidak perlu menyalahkan pengguna jalan tol, toh kami semua tidak brengsek kok … 😀

cukup ngomelnya hehe … senyum senyum dulu deh atas pengalaman hari ini ..peace !!! …

  

115107013

 

ilustrasi GTO (gambar diambil dari panoramio.com)

Leave a Reply

%d bloggers like this: