Andry Alamsyah Blog

Review Kia Sportage Indonesia

Saya mencoba membuat variasi blog entry yang lain dari biasanya, yaitu mengenai topik otomotif. Sering sekali kita kesulitan mencari review otomotif di Indonesia dari kacamata pengguna. Biasanya review dibuat oleh majalah otomotif (profesional tester), yang netralitasnya saya ragukan, atau review dari pabrikan kendaraan itu sendiri (pesan sponsor). Hal ini terjadi pada saat saya mencari informasi mengenai Kia Sportage ini, sulit sekali mencari reviewnya dari pengguna di Indonesia. Kebanyakan review yang saya peroleh adalah dari Forum Kaskus, tapi jarang yang berisi pengalaman yang mendalam. Atas dasar itu maka saya berusaha menulis review (dari kacamata pengguna) di Blog ini. Sebelumnya saya pernah melakukan review otomotif yaitu mengenai mobil Suzuki Splash dan motor  Yamaha Nmax

Oke mari sekarang langsung ke inti cerita. Salah satu kendaraan kami sekeluarga yaitu Honda Freed 2011, yang kami beli dari baru, odometernya sudah mencapai lebih dari 100ribu km. Selama 5 tahun Freed sudah menemani aktivitas  keluarga kami sehari hari dari rumah kami yang lokasinya di ujung bandung ke kantor atau ke sekolah anak anak atau pergi berlibur. Tidak heran jika odometernya sudah luar biasa besar. Sebagai pengganti, saya ingin mencari mobil dengan cc lebih besar dari Freed, secara mobil kami satunya (Splash) cc nya cuma 1200. Maka pilihannya adalah 1500cc keatas. 

Kia Sportage (model All New / Generasi ke 3) adalah mobil 5-seater incaran saya yang pertama, karena saya sangat suka sekali modelnya dari sejak pertama kali keluar tahun 2011. Lebih menarik lagi harga bekasnya sekarang tidak terlalu mahal, dibandingkan harga barunya yang mencapai harga 300-400an juta lebih. Maka mulailah saya hunting Kia Sportage bekas. Setelah beberapa minggu hunting, akhirnya saya mendapatkan Sportage abu abu metalik tahun 2013 dengan kondisi mulus dan odometer cuma 30ribu km dengan harga yang relatif murah #happy, kalau saya tidak salah ini adalah mobil SUV 2000cc bekas termurah dibandingkan mobil sekelasnya yang lain.

Nah sekarang tentang performancenya, karena terbiasa menggunakan mobil matic 1500cc kebawah, maka upgrade ke 2000cc berarti meningkatkan kenyamanan. Kecepatan diatas 120km  diperoleh dengan cepat dan dengan usaha mesin yang minimal, demikian juga dengan jalur tanjakan seperti jalan tol cipularang Jakarta-Bandung dilewati nyaman, biasanya freed di tanjakan ini mesinnya suka meraung :D. Suspensinya pun meskipun tidak terlalu empuk, tapi mampu menahan redaman pada saat mobil melewati jalan berlobang ataupun polisi tidur dengan kecepatan yang cukup tinggi. Dan yang paling penting adalah konsumsi BBMnya, dengan menggunakan RON92 sama dengan Honda Freed kami dulu, sekitar 1:8-1:10 dalam kota dan !:11-1:15 jalan tol. Oh yah saya suka suspensi Sportage yang agak keras, karena mobil bisa tetap stabil pada belokan dengan kecepatan yang agak tinggi.

Sportage yang saya peroleh adalah tipe LX, ini bukan merupakan kelas tertinggi, yang berarti tidak ada sunroof, tidak ada spion lipat otomatis, tidak ada electronic reclining seat, tidak ada lampu DRL. Tapi saya  memang tidak terlalu peduli dengan fitur seperti diatas, yang penting adalah performa mesin yang handal dan interior yang nyaman. Jok bawaan dilapis kulit, sehingga menambah kenyamanan penumpang.

Satu satunya upgrade yang saya lakukan adalah menambah active subwoofer untuk meingkatkan performa audionya, selain itu bawaan pabriknya mobil ini sudah tidak perlu diberikan tambahan apa apa. Ada dua pilihan velg Sportage, yaitu velg 17 dengan ban yang lebih tebal, dan velg 18 dengan ban yang lebih tipis. Seri kami adalah velg 17 dengan ban yang lebih tebal, yang artinya kenyamanan lebih terasa daripada velg 18 dengan ban lebih tipis.

Interior mobil terbilang sederhana dan seperlunya, sehingga memudahkan kami untuk memahami semua kontrol yang ada. Ruang penumpang dan ruang bagasi cukup besar. Lighter atau DC power outlet pun melimpah, paling tidak ada 3 DC power outlet. 

Demikian review singkat Kia Sportage 2013. Silahkan kalo ada komentar / pertanyaan. Oh ya saat ini (2016) Sportage sudah mengeluarkan generasi ke 4, dengan model yang jauh berbeda, lebih agresif, dan lebih futuristik. Rencananya Kia Motor Indonesia akan menjualnya di Indonesia awal tahun depan (2017)

 

IMG 9873

Leave a Reply

%d bloggers like this: