Andry Alamsyah Blog

S.M.A.R.T Economy

Istilah S.M.A.R.T atau SMART Economy pertama kali saya tahu dari roadmap pengembangan teknologi Singapore 2012 yang dikeluarkan  oleh Inforcomm Development Authority (IDA), sebuah lembaga pemerintahan yang bertanggung jawab terhadap perkembangan ICT.  SMART adalah singkatan dari 5 kata kunci, yaitu  Social, Mobile, Apps, Realtime, Trusted. 5 kata kunci ini yang didefinisikan sebagai pendorong pengembangan ekonomi digital saat ini . Saya sependapat dengan perumusan tersebut berdasarkan fenomena yang kita lihat sehari hari, bagaimana bisnis online mendominasi segala aspek kehidupan mulai dari toko fashion online, penjualan tiket fasilitas umum online (KAI), sampai dengan penyedia informasi layanan online (gojek, grabtaxi, uber). Pada gambar dibawah ini ditunjukkan 9 pilar pengembangan evolusi teknologi di Singapore dari tahun 2012-2017, dimana yang paling menarik adalah point paling bawah yaitu New Digital Economy yang didukung oleh pengembangan SMART Economy. 

Screen Shot 2016 03 22 at 10 08 39 AM  2

Dalam tatanan ekonomi baru (New Digital Economy) proses elektronisasi (eGov, eCommerce, eComm, dll) sudah dilewati pada tahun 2011-2012, kemudian dilanjutkan dengan era mobile (m-commerce, m-banking, dll) pada tahun 2013 seiring dengan semakin matangnya teknologi mobile yang bisa meningkatkan kenyamanan (user experience) dari pengguna, maka kita mengarah kepada SMART yang diuraikan sebagai berikut :

Social : dengan menggunakan kekuatan jejaring sosial di sekitar kita maka bisnis akan lebih cepat berkembang, contohnya jejaring sosial di sekeliling pelanggan yang bisa membawa keuntungan yang besar dengan merekomendasikan produk/ brand ke khalayak yang lebih luas.

Mobile : dengan media mobile maka representasi bisnis dalam bentuk konten akan bisa diakses secara mudah dimana saja dan kapan saja.

Apps : dengan representasi bisnis dalam bentuk apps yang baik dalam bentuk kemudahan (usability) dan kenyamanan (user experience) maka akan meingkatkan engagement dan loyalitas pelanggan ke bisnis kita.

Real Time : dengan menyediakan fasilitas interaksi real time pada saat pelanggan membutuhkan bantuan, jawaban,  pembelian, maka akan meningkatkan nilai bisnis kita di mata pelanggan

Trusted : dengan menjamin bahwa transaksi yang dilakukan itu aman dan privacy pelanggan terjaga maka akan meningkatkan nilai bisnis kita di mata pelanggan.

Dari penjelasan singkat diatas, bisa dilihat bahwa SMART Economy bisa menjelaskan fenomena dan praktek operasi bisnis saat ini. Setiap komponen pada SMART masing masing mempunyai alat ukur untuk kuantifikasi nilai bisnis kita di mata pelanggan. 

Leave a Reply

%d bloggers like this: