Andry Alamsyah Blog

Seminar Big Data Bank Indonesia Agustus 2017

 #latepost blog entry. Awal Agustus 2017 dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia, Bank Indonesia mengadakan seminar nasional Big Data dengan tema “Globalisasi Digital: Optimalisasi Pemanfaatan Big Data untuk Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi”. Saya beruntung diundang untuk menghadiri acara ini, karena selain pembicaranya adalah orang orang penting perekonomian baik dari internal Bank Indonesia, pemerintahan maupun dari pelaku pasar digital, tapi juga karena seminar ini menunjukkan keseriusan bank sentral dalam mengadopsi big data. Adopsi big data berarti adopsi metode dan teknologi pendukungnya. Bukanlah hal yang mudah untuk industri perbankan mengadopsi cara baru seperti big data.

Diantara penbicara adalah keynote speech dari Gubernur BI. Pembicara panel pertama, Gubernur DKI Pak Djarot, Walikota Makasar Pak Ramdhan, dan Prof Soehono guru besar ITB. Pada sesi kedua pembicara panel adalah Direktur Statistik Bank Indonesia, Direktur Digital Strategic Pt Telkom, Direktur Transformasi TIK direktorat Pajak. Dilanjutkan keynote speech dari Menteri perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas. Sesi ketiga diisi oleh Direktur Digital Banking Bank Mandiri, CEO Modalku, dan CEO Midtrans (VeriTrans). Sesi keempat diisi oleh CEO Tokopedia, Perwakilan Google Indonesia, dan CEO Gojek. 
Acara ini sangat menarik terutama pada segmen financial technology dan digital industry pada sesi ke 3 dan ke 4, dimana para pembicara dengan detail menceritakan suka duka industri digital indonesia serta tips dan trick untuk survive. Sedangkan pada sessi pertama tentang smart city, karena yang berbicara adalah para pemimpin pemerintahan (gubernur dan walikota), maka materi yang dibawakan agak kurang greget (terlalu global). 

IMG 8457IMG 8471IMG 8495IMG 8474IMG 8484IMG 8486IMG 8489

IMG 8498

Tagged on: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: