Andry Alamsyah Blog

Semua Berawal dari Cloud (Cerita Matt dan Bro Orange)

Saya baca cerita menarik tentang seorang yang bernama Matt. Setahun yang lalu dia kehilangan iphonenya di New York. Suatu hari tiba tiba photo stream sosial medianya dipenuhi oleh foto foto orang asing, yang setelah ditelusuri ternyata berasal dari iphonenya yang hilang dulu, dimana layanan icloudnya masih dijalankan. Dan diketahui pula ternyata iphone itu sekarang berada di Cina.

Singkatnya Matt ini menyebut orang asing di dalam stream foto sosial medianya sebagai ‘long-lost brother’ atau bro orange, karena orang ini sering berfoto di kebun jeruk. Matt menikmati stream fotonya diisi dengan foto foto dari orang asing tersebut. Cerita Matt viral sangat luar biasa di Cina. Dibaca puluhan juta orang, dan orang orang di cina membantunya untuk mencari ‘sodara’ nya yang hilang tersebut, Gimana seterusnya, silahkan baca sendiri link dibawah .. 😉

Fenomena ini sungguh luar biasa, karena banyaknya jumlah orang yang tertarik dengan cerita Matt, cerita tersebut menjadi jembatan lintas budaya, banyak orang cina yang sengaja ingin belajar bahasa inggris karena ingin berkomunikasi dengan Matt. 

Sesuatu yang kita pandang tidak mungkin beberapa waktu yang lalu, ternyata sekarang mungkin terjadi, seperti cerita Matt. Perbedaan budaya dalam menangkap isi cerita turut berperan membuat ‘moment’ cerita meledak menjadi viral. 

Link Referensi :

http://www.buzzfeed.com/mjs538/how-i-became-a-minor-celebrity-in-china-after-my#.xlZ7Mk0X

anigif_enhanced-8998-1424450856-5

Leave a Reply

%d bloggers like this: