Andry Alamsyah Blog

Tentang Grup Riset – Social Computing and Big Data

Dalam sebuah aktivitas riset mempunyai grup riset itu sangat penting, terutama berguna sebagai sparring partner dalam berdiskusi  Di kampus kampus terkenal di dalam dan di luar negeri, grup riset biasanya dibuat dan diketuai oleh seorang profesor / peneliti senior yang didalamnya ada beberapa peneliti yunior / dosen yunior dan tentu saja mahasiswa. Membuat grup riset yang solid itu tidak mudah, dengan alasan yang paling utama adalah anggota tim harus benar benar satu ide, satu visi dan satu misi dengan tujuan dibuatnya grup riset tersebut. Di Indonesia hal ini lebih sulit dilakukan karena rata rata kurang menghargai riset jangka panjang, yang diutamakan adalah proyek proyek jangka pendek dan impact yang instan.

Saya mendirikan grup riset Social Computing dan Big Data (Analytics) ini pada tahun 2012, karena saya menemukan partner yang sejalan dengan ide saya, yaitu Pak Yahya Peranginangin. Kami berdua bertemu pada tahun 2011, pada saat kami bergabung di Institut Manajemen Telkom (sebelum menjadi Universitas Telkom). Grup riset ini dibentuk dengan misi utama adalah riset di bidang kuantifikasi perilaku manusia berdasarkan data data yang melimpah di Internet (Big Data). Karena kami bergabung di kebidangan ekonomi dan bisnis, maka mayoritas riset kami adalah untuk kepentingan ekonomi dan bisnis. Kebetulan di bidang ini, riset yang berdasarkan pendekatan Big Data sangat sedikit dan sangat baru. Akan tetapi kami tidak menutup kemungkinan untuk mencoba aplikasi di bidang lain, karena masih banyak yang bisa kami tawarkan dengan hasil model riset kami.

Publikasi pertama kami muncul di tahun 2012 dan jurnal internasional pertama kali muncul di tahun 2013. Sepanjang 3 tahun riset grup ini berdiri, formasi kami tidak bertambah tetap dua dosen dengan kadang kadang ditambah satu dua dosen yang lain untuk satu dua penelitian tertentu, tetapi saat ini kami punya sekitar 10an mahasiswa S1 yang mengerjakan topik topik riset riset di bidang Big Data / Social Network seperti : Comparison Legacy and Data Analytics Methodology Approach, Social Network and Game Theory, Smart City based on Social Media, Modelling for SME, Investor Network, Sentiment Analysis, New Metric Constructions, Network Market Predictions, Dynamic Network etc

Misi kami ke depan adalah membuat riset yang lebih kearah keilmuan dasar seperti Data Mining, Data Science, Statistics, Graph Theory, Sentiment Analysis karena selama ini kami kurang menggali ke arah sana dan lebih banyak disibukkan dengan riset riset aplikasi tertentu.

Oh ya, saat ini untuk menambah network riset kami bekerja sama langsung dengan beberapa industri layanan Big Data / Media Sosial besar di Indonesia seperti mediawave, NoLimit, Solusi247, dan lain lain. Kami mencoba menggali problem problem yang mereka hadapi di lapangan dan kami coba untuk implementasikan knowledge yang kami punyai, di samping itu bekerja dengan industri yang fokus di data akan semakin mempertajam pengalaman dan kematangan grup riset kami.

Jika anda industri / dosen / mahasiswa tertarik untuk berkolaborasi riset, project, konsultasi bahkan mungkin workshop, kami berdua sangat terbuka, silahkan kontak saya melalui email di andry.alamsyah@gmail.com atau Pak Yahya di jaqpopo@gmail.com 

Beberapa contoh hasil riset dari grup riset kami :

  

Screen Shot 2015 06 13 at 10 29 32 AM  2

Screen Shot 2015 06 13 at 10 29 36 AM  2

Screen Shot 2015 06 13 at 10 29 41 AM  2

Screen Shot 2015 06 13 at 10 29 45 AM  2

Leave a Reply

%d bloggers like this: