Andry Alamsyah Blog

Workshop Social Network untuk Kominfo

Sejak tahun 2015, lab kami sudah bekerja sama dengan kominfo direktorat aptika untuk membantu peneliti peneliti mereka dalam memahami keilmuan jejaring sosial / social network analysis (SNA). Di tahun 2016 ini, kerjasama antara lab dengan kominfo berubah menjadi kerjasama antara fakultas dan kominfo, sehingga pelaksanaan administrasi dan teknisnya sekarang bukan lagi diurus secara individu dari lab. seperti tahun sebelumnya, jadi kami hanya fokus untuk penyampaian materi berupa teori, praktek dan studi kasus. Secara umum, workshop ini bertujuan untuk membekali para peneliti di kominfo tentang teori dan teknis pengambilan opini publik di media sosial dan media berita online lainnya. Profil peserta adalah peneliti di bidang komunikasi dan teknologi informasi. Workshop dilakukan di Telkom Learning Center di gegerkalong Bandung selama 3 hari dari tanggal 15-17 Maret 2016

Materi yang kamis sampaikan dibagi menjadi beberapa bagian yaitu pengenalan umum (fenomena Big Data, pengenalan data analytics, manfaat metode data analytics), Analisa jaringan (Model dan Metodologi SNA, Metrik SNA, Identifikasi komunitas, Karakteristik jejaring sosial), dan yang terakhir adalah Analisa konten( Analisa sentimen, word/tag cloud, network text analysis). Beberapa alat yang kami pergunakan antara lain adalah RStudio, Gephi dan Rapid Miner. Setelah workshop saya mencari feedback dari peserta dan mendapatkan antusiasme mereka untuk implementasi langsung ilmu yang mereka dapatkan dalam penelitian mereka sehari hari, akan tetapi ada beberapa juga peserta yang merasa materinya terlalu sulit, mungkin karena mindset yang belum terbiasa dengan metode kuantifikasi suatu problem dalam bentuk jaringan atau analisa sentimen. 

Tahap training selanjutnya adalah mengenai Big Data / Hadoop Analytics yang mungkin akan dilaksanakan dalam beberapa bulan ke depan.

 

FullSizeRender 3

foto bersama saya, team trainers dan partisipan

Leave a Reply

%d bloggers like this: