Andry Alamsyah Blog

Pengalaman Klaim Layar MacBook di Apple Service Centre

Macbook Pro (MBP) saya keluaran pertengahan 2015, mengalami masalah lapisan / coating layarnya mengelupas tanpa suatu sebab, memang tidak berefek ke performa, tapi menganggu karena jadi kelihatan jelek dan jorok layarnya. Apalagi melihat harga produk Apple yang premium maka cacat ini tidak bisa ditolerir. Masak beli barang mahal tapi kualitasnya seperti ini. Mulailah saya browse ke internet tentang masalah ini, dan saya temukan di website ini http://www.staingate.org/ , ternyata masalah ini adalah masalah umum mendunia. Apple sudah mengumumkan penggantian layar gratis untuk MBP yang terkena masalah ini. Karena statement ini maka saya mulai mencari authorized service centre di kota bandung yang bisa memfasilitasi penggantian layar secara gratis.

Akhirnya saya menemukan iBox dago, dan mereka pun mengkonfirmasi bahwa MBP saya layak ikut program penggantian layar tersebut. Prosesnya berjalan sangat cepat. MBP saya ditinggal semalam untuk diperiksa, difoto dan dicatat SN. Seharusnya begitu saya klaimkan, maka MBP saya harus ditinggal di service centre, tapi karena proses pengiriman layar baru dari Singapore ke Indonesia bisa memakan waktu lama, maka akhirnya mereka memperbolehkan saya untuk membawa MBP saya kembali pulang dengan catatan tidak boleh ada perubahan sejak terakhir kali didokumentasikan untuk diajukan klaim. Proses klaim dan pengiriman layar baru memakan waktu 3 minggu. Kemudian setelah layar datang, saya dikontak oleh iBox. MBP saya harus ditinggal 2 malam untuk pemasangan layar baru dan prosedur pemeriksaan apakah layar baru berfungsi normal. 

Overall dari pengalaman ini, saya sangat puas dengan layanan service centre Apple khususnya iBox. selama proses klaim dan penggantian barang, mereka aktif menghubungi saya, dan pada akhirnya saya kira saya harus bayar minimal ongkos layanan, ternyata semuanya free of charge … bravo !!, layanan seperti ini yang jarang terlihat di produk produk lain dari pengalaman saya sebelumnya. Semoga sharing ini bermanfaat ..

IMG 9390

kondisi layar, sebelum dan sesudah penggantian

 

IMG 9389

layar lama dan baru, sayangnya saya jadi kehilangan stiker garskin saya yang keren itu hehe

 

IMG 9391

notifikasi pengambilan layar 

Tagged on: , ,

10 thoughts on “Pengalaman Klaim Layar MacBook di Apple Service Centre

  1. hendry

    mas, ketika melakukan penggantian, masih ada garansi nya nggak ya?
    saya juga punya masalah yg sama, tapi garansi nya sudah habis

    seri mac saya MacBook Pro (Retina, 13-inch, Early 2015)

  2. andreas

    Siang, mas.

    Salam kenal saya andreas, di Bogor. Mengalami masalah layar retina tersebut. Tetapi masih sedikit sekali hanya bergaris bbrp senti, tapi di tengah layar, dan hanya kelihatan kalau dimiringkan layarnya. Pertanyaan saya, pas klaim ke iBox, diminta bon pembelian tidak ya? Mengingat saya beli used dari OL pula.
    Boleh tau alamat iBox Dago-nya?

    Trims.

  3. firman

    body layar macbook pro nya harus mulus y gan? soalnya tadi sy claim permasalahan yg sama, di tolak oleh apple service nya. karna ada dent sedikit di body layar.

  4. Adid

    mas mau tanya, ketika proses penggantian apakah data2 dan aplikasinya ada yang hilang? soalnya kemarin saya hub AASP di JKT mereka blg ada kemungkinan hilang, belom lagi penggantiannya bisa makan 30-40 hari dan wajib ditinggal, kok mas bisa berbeda ya mekanismenya?

    1. Andry Alamsyah Post author

      sorry telat jawab, sebenernya SOP yang benar itu ditinggal, tapi karena ditinggalnya cuman seminggu saya minta nego komputer bisa saya bawa, dengan syarat adalah layarnya ga boleh rusak lebih rusak, karena layar yang lama akan dituker dengan layar baru. pakai perjanjian tertulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *