Category: Akademis

  • Tentang Grup Riset – Social Computing and Big Data

    Dalam sebuah aktivitas riset mempunyai grup riset itu sangat penting, terutama berguna sebagai sparring partner dalam berdiskusi  Di kampus kampus terkenal di dalam dan di luar negeri, grup riset biasanya dibuat dan diketuai oleh seorang profesor / peneliti senior yang didalamnya ada beberapa peneliti yunior / dosen yunior dan tentu saja mahasiswa. Membuat grup riset…

  • Video dan Materi Presentasi Big Data di Event #idBigData MeetUp #4

    Seperti saya beritakan pada entri blog sebelumnya, tentang event #idBigData MeetUp #4, Selasa 9 Juni 2015. Dari total 4 pembicara, saya menjadi salah satu dan satu satunya pembicara dari akademisi. Presentasi saya yang bercerita tentang pendekatan jejaring sosial pada Big Data mendapatkan respons yang sangat antusias, terbukti dari banyaknya pertanyaan di akhir sesi dan beberapa pemirsa…

  • Talk in Big Data and Social Network (idBigData MeetUp)

    Big Data menjadi topik hangat akhir akhir ini. Industri, akademis dan praktisi berusaha menggali potensi Big Data untuk kepentingan masing masing. Hal ini juga terjadi  di Indonesia. Big Data berangkat dari fenomena dan tantangan yang berbeda sehingga mengakibatkan perbedaan cara pandang dari masing masing disiplin ilmu untuk mendekati permasalahan ini. Hal ini juga mengakibatkan penelitian penelitian yang…

  • Update Paper di Academia (Mei 2015)

    Sudah lama juga tempat penyimpanan paper ilmiah di situs academia tidak saya update.  Kalau tidak salah updatean terakhir di bulan september 2014. Dari september 2014 sampai mei 2015 ini, waktunya dihabiskan buat riset. Saat ini ada sekitar 10-12 riset yang sedang saya kerjakan bareng dengan mahasiswa, industri dan belum lagi riset disertasi yang cukup menyita banyak waktu, selain…

  • manajemen, modelling dan coding

    Ilmu manajemen secara tradisional dikategorikan sebagai ilmu sosial, dimana dalam pelaksanaannya akan berusaha memperlakukan aspek sosial secara kualitatif dan mengklasifikasikan ke dalam blok blok langkah, jenis permasalahan atau yang lainnya. Sebagai contoh proses brand awarenes dalam manajemen pemasaran membagi langkah awareness product menjadi unaware of the brand, brand recognition, brand recall dan top of mind.…

  • Complex (and Social) Network Taxonomy

    Bagi yang tertarik dengan keilmuan complex system dilihat dari sisi complex network, dimana salah satu bagiannya adalan social network, maka paper atau artikel mengenai taxonomi (gambaran besar) dari keilmuan ini akan sangat menarik. Berikut ini saya tuliskan beberapa paper / artikel penting terkait taxonomy complex (and social) network, semoga bermanfaat: The Structure and Function of…

  • Anything for The Data (Profil Scientist)

    Hari ini diajak bertemu dan ngobrol dengan kawan lama semasa kuliah di ITB di sebuah cafe di kawasan dago. Radja, adalah adik angkatan (dan temen SMA istri saya), sekarang dia adalah seorang scientist yang menurut saya unik dan idealis. Dia melakukan riset yang bernama ekologi politik, saya juga gak ngerti secara detail, tapi intinya dia…

  • Menuju ICOICT 2015 (Paper Accepted)

    Baru saja menerima kabar baik, 3 paper yang dari grup riset kami “Social Computing and Big Data” diterima untuk konferensi The 3rd International Conference on Information and Communication Technology . Ini adalah edisi kedua grup riset kami ikut berpartisipasi di ICOICT, tahun lalu 2 paper kami yang masuk ke ICOICT, sekarang 3 paper, jadi lumayan ada…

  • Menulis Buku !!! (Niat Saja Gak Cukup) ..

    Rencana nulis buku tentang  jejaring sosial sudah ada sejak dulu, tapi ga pernah beres juga, sampai akhirnya memaksakan diri untuk mencari partner (sudah ketemu) dan juga maksa supaya hasil tulisan buku ini jadi output dari pendanaan hibah (sudah dimasukkan ke keluaran hibah). Pemaksaan pemaksaan model gini semoga efektif  membuat saya berhasil memproduksi buku. Problem utama bukan…

  • Perilaku Dinamis Model Bisnis (Business Model Canvas)

    Dr. Gadang Ramantoko dosen senior di fakultas kami dan peneliti bidang model bisnis memberikan sharing pada acara sharing diseminasi rutin hari jumat kemarin (6 maret 2015). Topik yang beliau bawakan adalah mengenai perilaku dinamis bisnis model yang bertentangan dengan anggapan dan pendekatan konvensional bahwa model bisnis itu adalah statis. Berkaitan dengan pasar dinamis maka model bisnis sendiri…