Category: Campur

  • Repotnya Kehilangan Dompet Lengkap Beserta Isinya

    Hari jumat minggu kemarin, saya dapat pengalaman pahit, yaitu kehilangan dompet. Kebiasaan saya adalah membawa tas kecil yang isinya dompet, kunci mobil / motor, hape dan tablet. Tapi karena suatu dan lain hal yang saya lupa juga detailnya, sore itu  saya cuman bawa dompet dan bawa motor untuk bertemu teman teman di satu kafe di…

  • Short Riding Sate Maranggi Komunitas NMAX Bandung

    Hari minggu pagi tanggal 26 juli 2015,  saya bersama komunitas nmax bandung melakukan short riding / fun riding ke sate maranggi di purwakarta. Acara ini cukup istimewa karena sudah beberapa bulan saya absen ikutan acara acara touring komunitas nmax karena kesibukan saya, dan yang lebih mengasyikkan adalah peserta touring kali ini didominasi oleh rekan rekan…

  • Lautan Orang

    Libur lebaran 2015 ini identik dengan kemacetan dimana mana. Ini bukan hal yang aneh, setiap tahun rasanya makin macet aja tiap libur lebaran. Macet di jalan, penuh di mall, di tempat makan dan juga tempat rekreasi. Tahun ini kebetulan kami gak mudik jauh ke Malang, kami cuma mudik jarak dekat ke Bogor aja. Memang kami…

  • Pengalaman Tidak Menyenangkan dengan Pengoperasian GTO Jalan Tol

    GTO (Gerbang Tol Otomatis) dioperasikan di jalan jalan tol disekitar Jabodetabek dan Bandung oleh Jasa Marga dengan tujuan mempercepat antrian kendaraan keluar dan masuk jalan tol. Sudah sering kita lihat pengguna jalan tol yang ingin membayar cash salah masuk ke GTO sehingga menyebabkan antrian bertambah ruwet, karena dia harus mundur lagi dan merepotkan yang antri…

  • Quora : Media Sosial Q&A

    Pada saat browsing di blog mengenai topik data science, salah satu peneliti menjelaskan secara detail mengenai data science dalam format tanya jawab (FAQ / Q&A) di situs Quora. Menjelaskan suatu keilmuan, masalah, fenomena, cerita, dokumentasi dan lain lainnya ternyata lebih enak dalam bentuk tanya jawab, karena sifatnya natural individu memulai suatu keingintahuan mengenai suatu bidang…

  • Jejaring Sosial Path dan Ongkos Sosial Pertemanan

    Layanan jejaring sosial online Path diperkenalkan pada tahun 2010 dengan fokus pada kualitas hubungan sosial yang tinggi. Untuk menunjang kualitas hubungan sosial tersebut Path memperkenalkan fitur fitur untuk mendukung jejaring eksklusif antara lain adalah : jumlah pertemanan maksimum 150 teman dan berbagi informasi hanya lingkungan tertutup (eksklusif) masing masing pemakainya, jadi informasi yang dibagi di…

  • Data Analytics Menggunakan Orange

    Orange adalah software open source untuk pengolahan Data Analytics / Data Mining. Dibandingkan dengan software Data Mining lainnya, Orange unggul dalam hal visualisasi atau yang biasa kita sebut visual programming. Orange menyediakan banyak widget yang kita letakkan pada canvas / drawing board kemudian kita hubungkan dengan widget widget lainnya. Dengan media canvas ini maka akan…

  • Video dan Materi Presentasi Big Data di Event #idBigData MeetUp #4

    Seperti saya beritakan pada entri blog sebelumnya, tentang event #idBigData MeetUp #4, Selasa 9 Juni 2015. Dari total 4 pembicara, saya menjadi salah satu dan satu satunya pembicara dari akademisi. Presentasi saya yang bercerita tentang pendekatan jejaring sosial pada Big Data mendapatkan respons yang sangat antusias, terbukti dari banyaknya pertanyaan di akhir sesi dan beberapa pemirsa…

  • Pemasangan Stiker Garskin untuk MacBook

    Semenjak upgrade MacBook Pro 2010 menjadi MacBook Pro Retina 2015, maka aksesoris pertama kali yang wajib dipasang adalah stiker Garskin.  Selama ini pilihan proteksi buat MBP berupa hard case, soft case dan stiker tempel lainnya tidak ada yang nyaman buat saya. Saya sudah beberapa kali menggunakan stiker Garskin di macbook, ipad ataupun iphone saya terdahulu. Menurut saya stiker ini sangat durable,…

  • Buruknya Customer Care Perusahaan Ekspedisi JNE (CRM ala Media Sosial)

    Di Indonesia, banyak perusahaan membuka saluran hubungan dengan pelanggannya menggunakan media sosial. Dalam bahasa formalnya ini disebut sebagai Customer Relationship Management (CRM). CRM berfungsi untuk mengatur interaksi antara perusahaan dan pelanggannya dengan tujuan akhir meningkatnya loyalitas dari konsumen setelah mendapatkan pengalaman yang positif selama menggunakan jasa perusahaan. Perusahaan membuka jalur twitter, facebook, instagram, dll supaya pelanggan…