Andry Alamsyah Blog

Kuliah eCulture and Social Networks

Besok pagi tanggal 24 Agustus 2015, adalah hari pertama perkuliahan semester ganjil 2015/2016 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University. Saya sangat bersemangat menyambut semester kali ini, karena saya akan mulai mengajar mata kuliah baru yang bernama “eCulture andSocial Networks” dan besok adalah hari pertama saya mengajar mata kuliah ini. Mata kuliah ini bertujuan memahami budaya manusia di era teknologi komunikasi dan informasi dari pendekatan metodologi jejaring sosial / social networks. Banyak hal berupa fenomena, teori, formulasi solusi, metodologi,  studi kasus dan eksperimen di laboratorium yang akan dilakukan sepanjang perkuliahan semester ini. Sayangnya jumlah 3 sks rasanya kurang dengan kepadatan materi yang akan disampaikan.

Berikut ini video yang men-summary-kan kuliah eCulture and Social Network dengan menunjukkan  bagaimana budaya manusia di era jejaring sosial atau istilah umumnya adalah Networked Society.

Kalau dilihat dari video diatas permasalah eCulture (terutama pada bidang bisnis) adalah permasalahan yang saling terhubung, dan sangat erat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi terutama aktivitas ekonomi digital, sensor, artifical intelligent / machine learning, dan juga konsep smart city. Dari semua istilah yang tersebut ada satu metodologi fundamental yang saya rasa bisa menjelaskan mengenai networked society yaitu social network analysis dengan pembahasan yang lebih umum berupa complex network dan network science.

Buat para mahasiswa, welcome to my exciting class

Screen Shot 2015 08 23 at 7 22 18 PM  2

Leave a Reply

%d bloggers like this: