Andry Alamsyah Blog

Review Layanan Musik Spotify

 

Saat ini banyak tersedia layanan musik streaming berbasis teknologi awan (cloud), yang paling terkenal adalah Apple Music, selain itu ada Spotify, Google Music (not available in Indonesia), Joox, Pandora (not available in indonesia), Rdio (udah RIP), dll. Masing masing layanan saling berkompetisi dalam hal kualitas audio, harga, variasi dan jumlah koleksi musik, kompatibilitas mobile / desktop, user friendly / user experience, dan yang paling penting ability to play offline, karena biaya koneksi internet di indonesia masih sangat mahal untuk selalu streaming online dan kualitas jaringan yang tidak merata di banyak lokasi.

Dari semua layanan musik online yang paling menarik perhatian adalah Spotify dan Apple music, selain karena yang lain tidak available untuk wilayah indonesia dan jugakarena saya akan mengakses layanan musik tersebut dari desktop (macbook pro) dan phone (iphone). Apple Music dan Spotify saat ini sedang bersaing untuk menjadi penyedia layanan music online terbesar (lihat Spotify vs Apple Music).

Spotify sudah ada sejak 9 tahun yang lalu, sedangkan Apple Music baru mulai ada beberapa bulan yang lalu (tepatnya sejak September 2016). Akan tetapi Apple Music dengan dukungan kuat dari Apple mempunyai perkembangan yang sangat pesat dalam hal koleksi lagu dan jumlah pendengar, sedangkan Spotify mempunyai keunggulan jumlah koleksi musik yang sangat lengkap yang mereka kumpulkan bertahun tahun.

Paket Apple Music adalah free 3 bulan pertama, selanjutnya kita harus membayar bulanan sebesar 10 dollar perbulan. Sedangkan paket Spotify terdiri dari dua, paket Free dan paket berbayar sebesar 15 ribu untuk tiga bulan pertama, selanjutnya adalah sebesar 50 ribu perbulan. Setelah mencoba kedua layanan ini, akhirnya saya memilih  menggunakan layanan Spotify berbayar karena saya lihat koleksi musiknya luar biasa lengkap, mulai musik indonesia tahun 80an, iwan fals, god bless, lagu lagu progressive rock tahun 70-80an, alternative rock 90an, sampai lagu lagu kekinian.

Dengan membuat custom playlist dan offline listening, sekarang saya mempunyai banyak playlist untuk menemani berbagai aktivitas seperti dalam perjalanan ke kantor,  menemani baca / bekerja, touring naik motor, bersepeda, sampai playlist untuk aktivitas ngeGym. Kualitas audio yang sangat bagus dan streaming yang tidak memberatkan. Aktivitas mendengarkan lagu pun menjadi lebih praktis, dengan kemudahan browsing dan adanya chart untuk menampilkan lagu terkini dan lagu lagu masa lalu.

yang jelas layanan Spotify (atau Apple Music) ini saya rekomendasikan buat yang tidak bisa lepas dari musik dalam menemani aktivitas sehari hari, silahkan di coba ..

 

IMG 0631

sebagian playlist saya 

Leave a Reply

%d bloggers like this: