Andry Alamsyah Blog

Selamat Datang Semester Genap 2015/2016

Tidak terasa 11 Januari 2016, Universitas Telkom sudah memulai aktivitas semester baru. Seperti biasanya pada saat semester baru dimulai, maka saya akan meresume apa yang akan saya ajarkan di semester ini. Pada semester ini saya akan mengajar dua mata kuliah baru yaitu yang New Digital Economy / NDE dan Rich Media & User Experience / RMUX. Mengajar dua mata kuliah tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi saya, karena keduanya bukan mata kuliah yang masuk di dalam area utama penelitian saya pribadi dan tim riset saya sekarang. Memang saya pernah belajar dan mempunyai pengetahuan tentang subyek tersebut, makanya kenapa saya ditugaskan untuk mengampunya. Karena ada transisi perubahan kurikulum, maka di semester ini tidak ada mata kuliah yang berhubungan dengan fokus riset saya yaitu data analytics.

NDE adalah mata kuliah yang membahas mengenai efek dan peluang adanya Teknologi Informasi Komunikasi dalam aktivitas ekonomi, ekosistem bisnis digital, SMART (Social, Mobile, Apps, RealTime, Trusted) Economy. Banyak sekali topik bahasan yang bisa dimasukan ke dalam kuliah ini. Untungnya saya dibantu rekan dosen senior yang memang ahli di bidang ini, sehingga materi pengajarannya bisa dibuat terurut sedemikian rupa sehingga bisa disampaikan dengan sistematis. Oh ya saya koordinator perkuliahan mata kuliah NDE ini.

RMUX pada dasarnya adalah mata kuliah yang berhubungan dengan ketrampilan mahasiswa untuk membuat produk, konten, atau aplikasi yang bisa menarik pengguna untuk mengkonsumsi. Mata kuliah ini banyak menggunakan aktivitas lab. Kita perkenalkan metodologi User Experience (UX) sebagai dasar teori untuk membuat produk yang bisa membangkitkan sensasi pengguna. Alat alat praktek yang digunakan untuk membuat produk yang memenuhi kriteria UX adalah HTML5 / CSS3 / jQuery. Menurut saya ini adalah kuliah yang mudah, tapi belum tentu mudah bagi mahasiswa manajemen, karena kebanyakan dari mereka belum mempunyai modal pengetahuan dasar mengenai alat ( HTML).

Disamping mengajar, aktivitas penelitian di lab akan semakin sibuk, dengan makin banyaknya anggota baru yang bergabung, terutama dari angkatan 2013. Karena semester ini tidak ada mata kuliah yang berhubungan dengan data, dan angkatan 2013 belum pernah mendapatkan mata kuliah data analytics, sedangkan semester depan mata kuliah Big Data dibuka untuk angkatan 2014, maka saya harus membuat kelas tambahan tentang data untuk beberapa mahasiswa 2013 tersebut, agar supaya semester depan mereka bisa menjadi asisten lab Big Data dan juga meneruskan roadmap penelitian lab Big Data.

Kuliah baru mulai tapi kesibukan sudah terbayang, semoga assignment lain lain tidak bertambah banyak, karena saya juga harus beresin juga urusan disertasi dengan target yang cukup banyak di semester ini. Tetap semangat !! sibuk tapi excited …. 

Screen Shot 2016 01 13 at 7 14 25 AM

buku buku yang saya gunakan untuk mata kuliah New Digital Economy

Leave a Reply

%d bloggers like this: