Category: Media Sosial
-
Komite IT Bandung #Clicksquare #7thSky #CreativeHub
Permasalahan utama bangsa kita untuk bersaingan dalam industri konten kreatif bukanlah karena kekurangan talent untuk membuat konten tersebut, tapi lebih kepada tidak adanya ekosistem yang secara optimal mendukung, memupuk budaya kreatif dan mempromosikan produk kreatif. Faktanya, pemerintah sudah repot dengan permasalahan permasalahan urgen lainnya, sehingga industri kreatif ‘terpaksa’ mencari jalan sendiri untuk bisa bertahan dan…
-
Dinamika Pilkada DKI 2017 menggunakan Jejaring Sosial
Pilkada DKI 2017 merupakan event yang menjadi magnet bagi bangsa Indonesia, bukan hanya ekslusif untuk warga DKI saja. Event ini sangat menarik untuk dianalisa, terutama buat saya yang selama ini mendalami keilmuan jejaring sosial, dimana konsentrasi pergerakan sosial atas isu isu tertentu bisa menjadi bahan untuk memahami perilaku sosial bangsa kita. Perilaku pada media sosial…
-
Fenomena #SayaBertanya
Hashtag #SayaBertanya muncul pertama kali pada 6 Februari 2017 setelah mantan presiden SBY memposting tweet yang ditujukan kepada Presiden dan Kapolri. Saya tidak menyoal tweet pak SBY tersebut, tapi saya lebih tertarik viralitas hashtag ini yang ternyata sangat populer. Viralitas tersebut disebabkan kreativitas warga twitter sendiri yang membuat guyonan menggunakan hashtag tersebut, terlepas itu sindiran…
-
Terpaksa Ngoding, Tapi Seneng …
Beberapa saat yang lalu saya diajak riset bersama oleh peneliti dari Inggris. Topik riset sendiri meneliti bisnis otomotif dengan mengambil data dari media sosial. Karena kesibukan saya yang “super” saat itu, maka saya serahkan proses data collection dan pre-processing ke asisten (mahasiswa). ekspektasi saya proses ini akan berjalan dalam waktu seminggu. Seminggu, dua minggu saya…
-
Rekayasa Komunikasi / Communication Engineering
Tadi malam sambil ngopi ngopi dan makan gorengan, saya ngobrol ngobrol asyik (unofficial) dengan beberapa rekan social media officer (SMO). SMO ini sebenernya kerjanya rangkap rangkap menjadi Humas, Customer Relationship Management (CRM), Branding, Analisa Kompetitor, membangun massa dan lain lain melalui corong media sosial organisasi / perusahaan. Berat bukan pekerjaan mereka ? .. sepertinya mudah…
-
Asosiasi Ilmuwan Data Indonesia (AIDI)
Pada acara Data Science Days bulan November 2016 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom, telah dideklarasikan terbentuknya Asosiasi Ilmuwan Data Indonesia (disingkat AIDI). Latar belakang pembentukan AIDI adalah perlunya membangun suatu ekosistem Data Science (+Big Data) yang aman, bermanfaat sejahtera, berdaya saing, berkelanjutan untuk mendukung pembangunan bangsa dan kedaulatan data Indonesia. Perlunya perkumpulan / gerakan ini,…
-
Data Science Days 2016
Berawal dari tukar menukar ide dengan alumni lab. Big Data FEB, maka tercetuslah gagasan untuk membuat event tentang Data yang bertujuan meningkatkan awareness civtas academica dan industri mengenai Data. Gagasan ini kami bawa ke tingkat fakultas dan disetujui, sehingga akhirnya kami buat acara yang bernama “DATA SCIENCE DAYS”. Event ini terdiri dari seminar, workshop, dan…
-
Seminar ‘Build Nation Through Digital Economy’
—
by
Kemarin saya diundang ke acara seminar mengenai Digital Economy yang diadakan oleh BEM Telkom University. Para mahasiswa ini mempunyai kegalauan mengenai kemajuan pembangunan dan kedaulatan bangsa Indonesia. Seperti kita ketahui dari fenomena fenomena yang ada akhir akhir ini, regulator / pemerintah keteteran dalam menghadapi pergerakan ekonomi yang berbasis ICT, contohnya ojek berbasis aplikasi, google emoh…
-
Konferensi 4th InteliSys dan Jurnal Scopus
Konferensi 4th InteliSys yang kami ikuti sudah selesai dilaksanakan pada tanggal 20-12 Agustus 201. InteliSys adalah singkatan dari Interational Conference on Advances in Intelligent Systems in BioInformatics, Chem-Informatics, Business Intelligence, Social Media and Cybernetics. Jadi topik utama konferensi ini adalahpada sistem cerdas untuk bidang bidang yang disebutkan diatas. Output dari konferensi ini adalah ARPN Journal…
-
Presentasi Paper di Konferensi 7th SCBTII
Tanggal 15-16 Agustus 2016, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom punya gawe konferensi internasional yang dinamakan SCBTII – Smart Collaboration for Business in Technology and Information Industry. Gelaran konferensi ini adalah gelaran ke 7 dan dilaksanakan di hotel Grand Tjokro Bandung. Konferensi ini diisi oleh seminar pada hari pertama dan presentasi call for paper pada hari…